Wagubri meninjau langsung peserta lomba

Wagubri meninjau langsung peserta lomba

WAGUBRI HADIRI FESTIVAL PANGAN LOKAL 2019

27 Agustus 2019

Selama ini orang hanya mengenal mie sagu atau tepung sagu, namun sagu ternyata bisa diolah menjadi banyak menu makanan yang tidak kalah lezatnya dengan makanan berbahan baku selain sagu.

Beragam turunan makanan yang diolah dari bahan dasar sagu disajikan dalam festival pangan lokal dengan tema “sagu riau menyapa dunia” pada Selasa (27/8/2019) di Gor Tribuana Pekanbaru

Dalam perlombaan cipta menu ini, antusias masyarakat sangat tinggi, baik masyarakat Kota Pekanbaru maupun masyarakat yang datang dari setiap kabupaten turut meramaikan acara. Tak mengherankan acara berlangsung meriah

Deretan kue kering dengan berbagai bentuk dan rasa tersusun rapi diatas meja peserta lomba cipta menu tingkat provinsi Riau. Jika dilihat dari bentuknya tidak terlihat ada yang beda dengan kue pada umumnya. Begitu juga dengan warna dan kemasannya.

Kue berbahan dasar sagu tersebut diberi label sesuai dengan jenisnya. Ada banyak macamnya. Sebut saja Coco ship sagu, kembang loyang sagu manis, kue bangkit sagu, kue semprong sagu, sagu gipang, sagu bijan, biscuit cokelat sagu, maroco sagu gurih pedas, sagu kismis gulung, nastar sagu, sagu buah dan masih banyak lagi.

Para pengunjung bisa menikmati makanan olahan dari bahan dasar sagu ini secara gratis. Mulai dari ongol-ongol sagu, cendol sagu, mie sagu, gedegub sagu dan lempeng sagu.

Jumlah jenis makanan yang ditampilakan sekitar seribu Lanch Box, semua itu berbahan dasar dari sagu. Dalam penilaian lomba ini ada 2 kategori yang pertama kategori Lunch Box dan kedua kategori Produk Olahan.

Edy mengungkapkan lomba B2SA yang diikuti oleh ibuk-ibuk PKK di Provinsi Riau ini juga akan mendukung bidang pariwisata, karena berbagai olahan makanan berbahan baku Sagu ini jika terus diperkenalkan kepada wisatawan, selain akan memberi nilai ekonomi bagi masyarakat, juga akan semakin meperkenalkan Sagu di Indonesia dan tentunya di Dunia.

"Kita berharap, produk-produk yang unggul, nantinya bisa terus dikembangkan melalui UMKM dan lainnya. Sehingga masyarakat kita akan bisa meningkatkan perekonomiannya," harap Wakil Gubernur Riau .

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Riau Rosdi SE, MSi, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang seleksi bagi peserta di Provinsi Riau untuk mengikuti kegiatan yang sama di tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Tenggara pada Oktober 2019 mendatang.

"Tema yang kita ambil tahun ini adalah Gerakan serba sagu, sagu Riau menyapa dunia. Sebanyak 10 Kabupaten/Kota yang ikut dalam kegiatan ini, minus Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir yang tidak mengirim peserta," ujarnya.

 

Sumber :

Jadwal Kegiatan Gubernur Riau
Membuka Acara sekaligus Secara Resmi Acara HUT Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Mandah (IKAPPAMMA) Pekanbaru,
22 Nopember 2019 13:30:03
Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Prov. Riau Thn 2019,
22 Nopember 2019 08:00:37
Menghadiri sekaligus Memberikan Sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Riau dan Daerah Pekanbaru,
22 Nopember 2019 07:30:23
Audiensi Pengendalian TBC dengan Gubernur Riau,
22 Nopember 2019 08:30:48
Memberi Pengarahan & Membuka Secara Resmi Orientasi Pembekalan Hakim, Penitera dan Penghubung pada MTQ Tkt. Prov. Riau XXXVIII Tahun 2019,
22 Nopember 2019 20:00:03
Daftar SKPD Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Riau
https://disdikpku.org/

Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setda Provinsi Riau