WAGUBRI MINTA TINGKATKAN KEWASPADAAN PADA RAKOR PENANGANAN KONFLIK SOSIAL

28 Agustus 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Riau menggelar rapat koordinasi dengan mengangkat tema Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial dalam Rangka Merekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa rencana aksi terpadu penanganan konflik sosial 2019, yang diselenggarakan pada Rabu (28/8) di Hotel Premiere Pekanbaru

Rapat koordinasi ini turut dihadiri oleh Direktur Kewaspadaan Direktorat Jenderal Politik Kementerian Dalam Negeri Ali Akbar, Wakil Gubernur Riau Edi Natar Nasution, Kapolda Riau Brigadir Jenderal Widodo Eko Prihastopo, Komandan Korem 031 Brigjen TNI Mohammad Fadjar, serta 90 orang peserta lainnya perwakilan Kabupaten/Kota.

Kepala Kesbangpol Riau Chairul Riski mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan koordinasi keterpaduan sehingga integritas atas unsur aparatur pemerintah, daerah, provinsi dan kabupaten/kota yang tergabung dalam tim terpadu penanganan konflik sosial.

Pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution menyampaikan bahwa program ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahun untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap konflik sosial. 

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan rencana aksi terpadu konflik sosial di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota secara tegas telah diatur dan diamanatkan oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2015 tentang pelaksanaan koordinasi penanganan konflik sosial, yang merupakan tindak lanjut dari pemerintahan nomor 2 tahun 2015 tentang peraturan pelaksanaan undang undang nomor 7 tahun 2015 tentang penanganan konflik sosial.

"Ini kan bertujuan untuk mengefektifkan keterpaduan dan kordinasi antar aparatur Pemda dengan instansi vertikal terkait di daerah," ungkap Wagubri

"Ada tiga hal penting yang saya tegaskan, di antaranya tingkatkan selalu keterpaduan dan sinergitas tim terpadu penanganan konflik di daerah. Kemudian terus laksanakan rencana aksi penanganan konflik sosial tahun 2019 yang telah disusun oleh Tim Tterpadu dan laporkan rencana aksi yang telah dilaksanakan kepada Gubernur Riau dengan cara periodik," ujar Edy.

Edy berharap dengan adanya tim terpadu ini, kegiatan masing masing daerah melalui OPD dan instansi vertikal di daerah yang terkait dengan penanganan konflik disuatu daerah dapat ditangani secara cepat dan tepat. Dan semoga kerjasama yang baik antar seluruh stakeholder seperti TNI, Polri, Kejati dan lainnya, ke depan khususnya Riau dapat mengatasi konflik sosial ini lebih baik dari yang sebelumnya.

"Selain itu, dengan adanya rencana aksi terpadu, penanganan konflik sosial disuatu daerah akan lebih terarah dan teratur," tukasnya.

Sumber :

Jadwal Kegiatan Gubernur Riau
Membuka Acara sekaligus Secara Resmi Acara HUT Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Mandah (IKAPPAMMA) Pekanbaru,
22 Nopember 2019 13:30:03
Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Prov. Riau Thn 2019,
22 Nopember 2019 08:00:37
Menghadiri sekaligus Memberikan Sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Riau dan Daerah Pekanbaru,
22 Nopember 2019 07:30:23
Audiensi Pengendalian TBC dengan Gubernur Riau,
22 Nopember 2019 08:30:48
Memberi Pengarahan & Membuka Secara Resmi Orientasi Pembekalan Hakim, Penitera dan Penghubung pada MTQ Tkt. Prov. Riau XXXVIII Tahun 2019,
22 Nopember 2019 20:00:03
Daftar SKPD Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Riau
https://disdikpku.org/

Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setda Provinsi Riau