PRESIDEN RI, BAPAK JOKO WIDODO MEMIMPIN LANGSUNG RAPAT TERBATAS UPAYA PENANGANAN KARHUTLA BERSAMA GUBERNUR RIAU DAN FORKOPIMDA

16 September 2019

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tiba di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (16/9/2019) malam, Jokowi langsung menuju penginapan dan menggelar pertemuan dengan menteri serta stakeholder dalam rapat terbatas (ratas) mengenai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

Beberapa menteri turut hadir dalam rapat tersebut diantaranya Menkopolhukam Wiranto, Mendiknas Muhajir Efendi, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimunjono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kapolri, Panglima TNI, Kepala BNPB, dan BMKG.

Dalam rapat terbatas tersebut, Jokowi menekankan tiga poin penting yang harus mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah, menteri-menteri terkait dan aparat penegak hukum.

Pertama, Jokowi meminta agar karhutla yang telah meluas hingga menghanguskan puluhan ribu hektare ini dapat segera diatasi.

"Luas lahan yang terbakar sudah mencapai puluhan ribu hektare, jangan sampai ini mengganggu aktivitas penerbangan yang bisa berimbas pada pertumbuhan ekonomi dan aktivitas ekonomi di Riau yang tidak kita harapkan," ungkap Jokowi memulai ratas di salahsatu hotel di Pekanbaru.

Kedua, Jokowi meminta aparat hukum untuk menindak tegas pelaku-pelaku pembakar hutan tanpa pandang buluh.

"Aparat hukum harus bertindak tegas kepada perusahaan maupun perorangan (pembakar hutan dan lahan)," ujar Jokowi.

Ketiga, Presiden Republik Indonesia ini meminta agar satuan tugas (Satgas) pencegahan dan penanggulangan karhutla dapat bekerja maksimal dengan melakukan pencegahan sejak dini.

"Lakukan pencegahan agar karhutla tidak merembet ke lokasi lain, baik ke kawasan gambut, hutan, apa lagi sampai masuk wilayah pemukiman,"ucapnya.

Sumber :

Jadwal Kegiatan Gubernur Riau
Membuka Acara sekaligus Secara Resmi Acara HUT Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Mandah (IKAPPAMMA) Pekanbaru,
22 Nopember 2019 13:30:03
Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Prov. Riau Thn 2019,
22 Nopember 2019 08:00:37
Menghadiri sekaligus Memberikan Sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Riau dan Daerah Pekanbaru,
22 Nopember 2019 07:30:23
Audiensi Pengendalian TBC dengan Gubernur Riau,
22 Nopember 2019 08:30:48
Memberi Pengarahan & Membuka Secara Resmi Orientasi Pembekalan Hakim, Penitera dan Penghubung pada MTQ Tkt. Prov. Riau XXXVIII Tahun 2019,
22 Nopember 2019 20:00:03
Daftar SKPD Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Riau
https://disdikpku.org/

Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setda Provinsi Riau