GUBERNUR RIAU MENINJAU LOKASI AMBRUKNYA JEMBATAN PENYEBERANGAN RORO DI TANJUNG BUTON

17 September 2019

Robohnya Mobile Bridge (MB) dan jembatan dermaga yang menghubungkan pelabuhan dengan kapal penyeberangan roll on roll off (Roro)  di Pelabuhan Tanjung Buton, Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 13.32 WIB, menyebabkan pelayanan penyeberangan mobil penumpang dan angkutan barang lumpuh.

Usai mengantarkan Presiden RI Joko Widodo kembali ke Jakarta, Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi langsung meninjau ke lokasi kejadian.  Sebelum ke lokasi robohnya mb dan jembatan, mantan Bupati Siak ini menemui keluarga dari Riandi yang menjadi korban robohnya jembatan tersebut.

Ia pun sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar. Ia pun sudah memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Riau, Ir HM Taufiq Oesman Hamid MT, untuk segera mengurus perizinannya.

"Kita sudah usulkan ke Kementerian Perhubungan RI Ditjen Darat untuk memindahkan sementara pelayanan Penyeberangan RoRo Tanjung Buton ke Penyeberangan RoRo Sungai Selari (Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis)," kata Syamsuar.

Menjelang jembatan Dermaga Sandar Roro Tanjung Buton Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau diperbaiki, pelayanan angkutan barang, mobil dan truk sementara waktu akan dialihkan ke pelabuhan Sungai Selari, Bengkalis.

Pengalihan pelayanan ke Pelabuhan Sungai Selari ini, menurut Syamsuar, dapat membantu kelancaran arus barang dan orang dari Riau menuju ke Meranti, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

"Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis, juga sudah menyampaikan kepada Bupati Bengkalis perihal pemindahan pelayanan penyeberangan RoRo Tanjung Buton ke Sungai Selari," ucap Syamsuar.

Syamsuar juga berharap, untuk kendaraan umum dan angkutan barang yang sudah mengantri di Penyeberangan RoRo Tanjung Buton, bisa diangkut kapal RoRo di Sungai Selari.

"Setelah itu, buat spanduk pengumuman di daerah strategis pintu masuk Kabupaten Siak, menginformasikan penyeberangan RoRo Tanjung Buton ditutup sementara," jelasnya.

Ada tiga rute yang melayani penyeberangan Kapal RoRo dari Tanjung Buton, yaitu dari Tanjung Buton (Mengkapan) - Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau), Tanjung Buton - Telaga Punggur (Batam), dan Tanjung Buton - Kampung Balak (Kepulauan Meranti)

"Selain memperbaiki konstruksinya agar lebih baik, segala saran yang sekarang dibutuhkan termasuk lahan parkir juga nanti akan diperluas lagi. Apalagi sekarang banyak mobil yang bermalam di Pelabuhan Tanjung Buton ini," ucap Syamsuar lagi.

Lumpuhnya dermaga penyeberangan Roro Tanjung Buton ini, kata Syam, akan mempengaruhi turunnya arus barang dan orang yang masuk ke Siak, Riau.

"Kita juga sudah hubungi Dirjen Perhubungan Darat dan Mohon bantuan melalui program tanggap bencana karena di Kementerian Perhubungan juga ada program tanggap bencana. Sehingga nanti dapat membantu pemerintah provinsi Riau," ujarnya lagi.

Syamsuar juga sudah menugaskan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau untuk mengecek kondisi konstruksi Pelabuhan Roro Tanjung Buton ini sehingga ke depannya pelayanan di pelabuhan ini bertambah baik.
 

Sumber :

Jadwal Kegiatan Gubernur Riau
Menghadiri Acara Milad Hari Santri Nasional 2019 sekaligus Syukuran dan Do’a atas Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019 – 2024,
11 Nopember 2019 18:00:41
Menghadiri sekaligus Memberikan Sambutan pada Acara Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) Periode 2019
11 Nopember 2019 19:00:05
Menjemput Kedatangan Delegasi MAIPs Beserta Rombongan,
10 Nopember 2019 10:30:16
Penyambutan Kontingen Atlit Riau Porwil X Sumatera di Bengkulu,
10 Nopember 2019 10:30:29
Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke – 74 Tahun 2019
10 Nopember 2019 07:30:11
Daftar SKPD Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Riau
https://disdikpku.org/

Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setda Provinsi Riau