RIAU AKAN BANGUN GEDUNG CREATIVE HUB UNTUK MENGGALAKKAN EKONOMI KREATIF

15 Oktober 2019

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar berjanji akan membangun gedung sentra kreatif sebagai wadah promosi ekonomi kreatif di Riau dengan nama Riau Creative Hub. "Kami sedang mempersiapkan Riau Creative Hub sedangkan DED (Detail Engineering Design) dari gedung ini akan bisa dilihat pada 2020," jelas Syamsuar di Pekanbaru, Riau, Selasa (15/10/19)

Syamsuar menyampaikan hal itu dalam acara Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 142 tahun 2018 tentang Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional tahun 2018-2025 yang diikuti oleh 450 peserta dari seluruh provinsi di Sumatera dan Kalimantan yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Menurut dia, gedung sentra kreatif ini sudah ada di Bandung, yaitu Bandung Creative Hub dan Riau akan menyontohnya. Ia mengatakan saat ini Riau memiliki tiga subsektor dari 16 subsektor ekonomi kreatif yang sedang berkembang, yaitu kuliner, kriya, dan fashion. Sedangkan untuk sektor-sektor lain juga berkembang, namun tidak terekspos. "Tapi mulai hari ini, kita akan lebih galakkan dan kembangkan. Sektor-sektor lain juga harus terlihat perkembangannya.

Gubernur Riau Syamsuar mengharapkan, industri ekonomi kreatif di Riau bisa berkembang hingga ke pelosok negeri Bumi Lancang Kuning. Dengan adanya sosialisasi ini, menjadi jalan untuk mencapai integrasi program-program yang telah diatur dalam Rindekraf. "Sosialisasi ini perlu dilakukan agar semua pemangku kepentingan mempunyai pemahaman yang sama dalam implementasi arah kebijakan dan strategi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, terkhusus Provinsi Riau. Semua stakeholder bersama mewujudkan ekonomi kreatif sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional," jelas Syamsuar.

Apalagi kita sudah punya Komisi Film Daerah (KFD) di Siak yang menjadi percontohan nasional," jelas Syamsuar. Dengan adanya payung hukum UU Industri Kreatif, kata dia, Pemprov Riau akan memberikan dukungan anggaran, disamping dukungan dari kabupaten dan kota. Selain itu Pemprov Riau juga membentuk Badan Riau Creative Network (BRCN), sebuah wadah yang menampung kreativitas dan aktivitas komunitas pelaku ekonomi kreatif. Badan tersebut, kata dia, sudah banyak mengikuti kegiatan Bekraf tingkat nasional dan di daerah lain.

Sumber :

Jadwal Kegiatan Gubernur Riau
Membuka Acara sekaligus Secara Resmi Acara HUT Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Mandah (IKAPPAMMA) Pekanbaru,
22 Nopember 2019 13:30:03
Memberikan Sambutan sekaligus Membuka Acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Prov. Riau Thn 2019,
22 Nopember 2019 08:00:37
Menghadiri sekaligus Memberikan Sambutan pada Acara Pelantikan Pengurus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Riau dan Daerah Pekanbaru,
22 Nopember 2019 07:30:23
Audiensi Pengendalian TBC dengan Gubernur Riau,
22 Nopember 2019 08:30:48
Memberi Pengarahan & Membuka Secara Resmi Orientasi Pembekalan Hakim, Penitera dan Penghubung pada MTQ Tkt. Prov. Riau XXXVIII Tahun 2019,
22 Nopember 2019 20:00:03
Daftar SKPD Provinsi Riau
Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Riau
https://disdikpku.org/

Biro Humas Protokol dan Kerjasama Setda Provinsi Riau